Mataram, Kamis, 21 Desember 2023 – Sebagai langkah meningkatkan kolaborasi antar perguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman (LPPM UNSOED) mengunjungi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM UNRAM) pada tanggal 21 Desember 2023. Pertemuan ini bertujuan untuk berbagi praktik terbaik dalam upaya peningkatan publikasi artikel jurnal, pengelolaan jurnal, serta penguatan kerjasama antar lembaga.

Dalam pertemuan ini, LPPM UNSOED berkesempatan untuk meninjau keberhasilan LPPM UNRAM dalam meningkatkan akreditasi dan kualitas publikasi dosen serta mahasiswa. Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr., selaku Kepala LPPM UNRAM, menyampaikan langkah-langkah strategis yang telah diambil untuk mencapai target peningkatan publikasi. Salah satu inisiatif yang dibagikan adalah program hibah dan dana penelitian yang mendukung konferensi, publikasi di jurnal Scopus, dan peningkatan kualitas jurnal internal. LPPM UNRAM juga menyoroti pentingnya melibatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan penelitian dan pengabdian, sejalan dengan konsep KKN yang melibatkan 4 mahasiswa dengan output 4 artikel. Diskusi juga mencakup pengelolaan jurnal dan upaya bersama LPPM UNRAM dengan LPPM UNSOED untuk meningkatkan sitasi artikel, seperti persetujuan jurnal yang terbit di AIP, ProQuest, dan Scopus. Pihak LPPM UNSOED mengapresiasi inisiatif tersebut dan menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan insentif bagi jurnal Scopus dan WOS.

Selain itu, LPPM UNSOED dan LPPM UNRAM mecanangkan beberapa inisiasi program kerjasama  mencakup join conference, penelitian bersama, dan KKN bersama. Program ini menjadi langkah awal dalam memperbanyak variasi afiliasi dan mendukung sinergi antar kedua lembaga. Pelepasan mahasiswa KKN yang akan dilaksanakan pihak UNRAM ke daerah Sumbawa dan Bima dengan Pertanian Lahan Kering yang tema smart farming dan resilience climate change. Hal ini sejalan dengan Visi UNSOED terkait pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal khususnya pada lahan kering.

Kunjungan ini menandai komitmen LPPM UNSOED dan LPPM UNRAM untuk terus memperkuat kerjasama dalam rangka mencapai prestasi dan kualitas penelitian yang lebih baik. Kedua lembaga berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya dalam meningkatkan kontribusi mereka dalam dunia akademis dan penelitian.

By Undi