Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (Pusbang KKN) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menggelar acara pelepasan mahasiswa peserta KKN periode Juli-Agustus 2024 yang diikuti oleh 2636 mahasiswa.di Aula LPPM UNSOED Lantai 1 pada Selasa, 9 Juli 2024. Tema KKN kali ini adalah “Pendampingan UMKM dan BumDes untuk Menggerakkan Ekonomi Masyarakat”.

Pada acara pelepasan mahasiswa KKN dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik / WR 1 Dr. Ir. Noor Farid, M.Si mewakili rektor berharap dalam arahannya agar pelaksanaan KKN periode ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta mahasiswa peserta KKN.

“KKN ini merupakan salah satu pembelajaran untuk bermasyarakat, dengan mempraktekkan apa yang sudah diterima untuk diterapkan di masyarakat. KKN ini salah satu tujuannya adalah membekali mahasiswa,” ungkap Dr. Ir. Noor Farid, M.Si.

Wakil Rektor Bidang Akademik berharap kepada peserta KKN untuk lebih berhati-hati, karena era digital ini dapat menghasilkan dampak positif maupun negatif yang luar biasa. “Berkegiatanlah yang positif, sehingga pelaksanaan kegiatan KKN Unsoed memberikan nama harum bagi mahasiswa dan Unsoed,” harap WR 1.

Selanjutnya Ketua LPPM Unsoed Prof.Dr.Ir Elly Tugiyanti MP mengungkapkan jumlah mahasiswa peserta KKN tematik periode Juli-Agustus 2024 adalah 2635 mahasiswa yang berasal dari 12 Fakultas di lingkungan UNSOED.  Jumlah DPL KKN dalam negeri mencapai 114 orang dipilih dari 174 DPL pendaftar, dan KKN Internasional sebanyak 65 orang.

“ Lokasi KKN tersebar di 8 Kabupaten, yaitu Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Brebes, Kebumen, Tegal (Jawa Tengah) dan Manggarai Barat Nusa Tenggara Barat di 21 Kecamatan, dan 229 Desa, serta KKN Internasional di Malaysia dan Thailand,” ujar Ketua LPPM Unsoed.

Selanjutnya Ketua LPPM Unsoed mengatakan, pada periode ini beberapa jenis KKN dan jenis kerjasama KKN, yaitu:

  1. KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat (di 223 desa, di 21 Kecamatan)
  2. KKN Tematik PUPR (di 10 desa)
  3. KN BKKBN (di 15 desa di 5 Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen)
  4. KKN-T BLU Reguler Unsoed (di 1 Desa, Kec. Kemangkon Purbalingga)
  5. KKN-T BLU (MBKM) di 1 desa di Kec. Baturaden Banyumas, dan 1 desa di Kec. Mrebet Purbalingga)
  6. KKN Pengabdian Masyarakat Mahasiswa/PMM-Dikti (di 2 desa, 1 di Kec. Paguyangan Brebes, dan 1 di Kec. Rakit Banjarnegara)
  7. KKN Nusa Persada (Bajo) di Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai Barat.
  8. KKN Internasional (di 7 desa Malaysia Kuala Lumpur dan Sabah, serta KKN Int Thailand)
  9. KKN Gempur Rokok Ilegal, Kerjasama dengan Disperindagkop Propinsi Jateng di 223 Desa.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan KKN Pemberdayaan Masyarakat Unsoed, KKN PUPR, KKN BKKBN, KKN PMM, dan KKN-T BLU reguler, akan dilaksanakan selama 35 hari dari tanggal 10 Juli -13 Agustus 2024.  Kemudian KKN Tematik (MBKM = 16 Minggu) mulai tanggal 10 Juli sampai 30 Oktober 2024, KKN Internasional di Thailand mulai 13 Juli – 8 Agustus 2024, KKN Internasional di Malaysia Kuala Lumpur, dan di Malaysia Sabah mulai 27 Juli – 24 Agustus 2024, serta KKN Nusa Persada mulai 17 Juli – 20 Agustus 2024.

Ketua LPPM Unsoed mengungkapkan program dasar KKN kali ini berdasarkan atas 5 pilar bidang program, yaitu: bidang ekonomi, pemberdayaan lingkungan, kesehatan, pendidikan dan pemerintahan desa.

Kemudian Unsoed mulai periode Juli-Agustus 2024 selain mengembangkan KKN Internasional. “Unsoed juga sudah mengembangkan KKN Nusa Persada, yaitu KKN di daerah terpencil di luar pulau Jawa, “ ujar Prof.Dr.Ir Elly Tugiyanti.

Selanjutnya Pelepasan KKN ditandai dengan pemakaian atribut KKN oleh rektor, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan dan Alumni, dan Ketua LPPM Unsoed.(dra)

 

Dokumentasi:

By Eko F