Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman (LPPM Unsoed ) sebagai koordinator kegiatan pengabdian kepada masyarakat mahasiswa dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan melaksanakan KKN Periode Juli – Agustus 2024 dimulai tanggal 10 Juli – 13 Agustus 2024. Salah satu tempat pelaksanaan KKN Unsoed adalah di Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Guna memberikan pemahaman terkait pelaksanaan KKN tersebut dilakukan sosialisasi oleh  Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (Pusbang KKN) LPPM Unsoed pada Selasa (11/4/2024) di Kantor Kecamatan Buayan Kebumen.

Sosialisasi KKN Unsoed kepada 20 Kepala Desa di Kecamatan Buayan menghadirkan narasumber dari Pusbang KKN Unsoed yaitu Sekretaris Pusat Koordinasi Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM Unsoed Dr Ridlwan Kamaluddin, S.Kep.Ners.M.Kep sekaligus koordinator KKN wilayah Kebumen dan Ir. Widhiatmoko Herry Purnomo, ST., MT anggota Pusbang KKN. Pertemuan juga dihadiri oleh Camat Buayan Nur Wahyudi, S.H., Kapolsek Buayan AKP Kasimin dan Danramil 20 Buayan.

Sosialisasi KKN Unsoed diawali dengan sambutan Camat Buayan Nur Wahyudi, S.H yang menyampaikan harapannya dari adanya KKN Unsoed ini dapat bersinergi dan menyinkronkan dengan program-program yang ada di Kecamatan Buayan. “ Harapan kami bisa sinergi dan disinkronkan dengan program yang di kami, sehingga nanti ketika walaupun waktunya singkat, mungkin kurang lebih satu bulan, nanti ketika sudah selesai KKN, ada manfaat, ada hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dari kegiatan rekan-rekan KKN dari Unsoed ini,” Ungkap Camat Buayan.

Kemudian Camat Buayan juga mengharapkan agar mahasiswa KKN dapat menyesuaikan diri dengan budaya lokal dan masyarakatnya yang heterogen. “ Kita itu mempunyai wilayah dari pantai sampai pegunungan dengan geografisnya lumayan luas dengan dengan karakteristik budaya masyarakat yang heterogen agar mahasiswa nantinya segera menyesuaikan diri, “ tutur Nur Wahyudi, S.H.

Dalam pertemuan tersebut Camat Buayan mengingatkan mahasiswa KKN untuk tidak berpolitik praktis karena sekarang adalah tahun politik. “ Jadi teman-teman mahasiswa cukup fokus dengan program kegiatan KKN saja supaya nanti tidak membuat keruh suasana,” jelasnya.

Selanjutnya Sekretaris Pusat Koordinasi Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM Unsoed Dr Ridlwan Kamaluddin, S.Kep.Ners.M.Kep meminta izin terkait pelaksanan KKN yang akan dilaksanakan dari tanggal 10 Juli – 13 Agustus 2024 kepada Camat Buayan dan 20 Kepala Desa di kecamatan Buayan. “Kami meminta izin secara lisan walaupun sudah ada izin tertulis kepada Camat Buayan dan para Kades terkait kegiatan KKN Unsoed yang nantinya terdapat sekitar 10 mahasiswa di setiap desanya,” ujar Sekretaris Pusbang KKN LPPM Unsoed.

“Setiap Mahasiswa KKN sudah dibekali keilmuan sehingga diharapkan dapat berkontribusi di desa tempat KKN,” ungkap Dr Ridlwan Kamaluddin. Dijelaskan juga sebelum KKN dilaksananakan akan dilakukan survei dahulu sebanyak tiga kali oleh mahasiswa KKN. Salah satu tujuan survei tersebut yaitu mengkaji potensi desa yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa KKN yang mempunyai latar belakang berbeda keilmuannya. Karena Program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Unsoed dibagi dalam 5 bidang yaitu bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan pelayanan desa.

Ir. Widhiatmoko Herry Purnomo, ST., MT anggota Pusbang KKN LPPM Unsoed menanggapi permintaan Camat Buayan agar mahasiswa KKN tidak berpolitik praktis. “Bila ada mahasiswa KKN melakukan politik praktis, kami akan menjatuhkan sanksi, “jelas Ir. Widhiatmoko Herry Purnomo. Kemudian Ir. Widhiatmoko Herry Purnomo, ST., MT menambahkan sebelum mereka diterjunkan untuk KKN di desa-desa, sudah diberikan pembekalan materi. “Para mahasiswa yang akan diterjunkan ke desa di kecamatan Buayan, sudah dibekali baik berupa materi isi maupun materi proses oleh tim LPPM dan Pemda setempat,” tandasnya.

Selanjutnya sebagai penjaga keamanan Kapolsek Buayan AKP Kasimin berpesan agar mahasiswa KKN Unsoed dapat menjaga ketertiban sehingga tetap tercipta suasana kondusif. Kemudian dilakukan diskusi tanya jawab dengan para kepala desa di kecamatan Buayan.

Dalam waktu dekat setelah sosialisasi KKN di kecamatan Buayan akan diadakan pertemuan antara Camat Buayan dan mahasiswa KKN Unsoed dilakukan dengan daring dan offline guna pengkoordinasian kegiatan KKN.

 

Dokumentasi Kegiatan

By Eko F