Thailand, (12/1).  Perayaan Hari Anak di Thailand menjadi momen unik dan penting yang diperingati setiap tahun pada tanggal 13 Januari. Masyarakat Thailand merayakannya dengan tujuan mengingatkan akan pentingnya anak-anak bagi masa depan. Para orang tua merayakan hari tersebut dengan berbagai cara, termasuk kunjungan ke tempat wisata, tempat bersejarah, dan menghadiri acara perayaan di sekolah.

Clarissa Afifa Damayanti, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Thailand Selatan, turut terlibat dalam perayaan Hari Anak yang diadakan di Sekolah Rasmisart, Phawong, Songkhla, tempat ia ditugaskan sebagai relawan pengajar. Acara tersebut berlangsung pada Jumat, 12 Januari 2024, sebagai bagian dari upaya global untuk meningkatkan pendidikan anak.

Dalam masa KKN-nya di Thailand  Clarissa memang aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Sebelumnya ia menjadi juri lomba nasyid tingkat provinsi yang diadakan oleh Komite Islam Songkhla.

Dalam rangka memperingati Hari Anak, Clarissa bersama sesama rekan guru dan siswa Sekolah Rasmisart menyiapkan acara dan juga berbagai hadiah yang diundi dan ditukarkan dalam acara. Orang tua pun turut berkontribusi dengan menyumbangkan beragam hadiah, seperti kue, es krim, mainan, makanan, minuman, dan lainnya, yang dikemas menjadi bingkisan untuk dibagikan kepada para siswa.

Pertunjukan beragam dari siswa mulai dari tingkat Paud hingga SD turut meramaikan acara, termasuk lantunan ayat-ayat suci Al-Quran, doa sehari-hari, dan berbagai atraksi lainnya. Para siswa dan guru juga berpartisipasi dengan mengenakan kostum-kostum kreatif, seperti kostum hewan, superhero, dan karakter kartun.

Acara berlanjut keesokan harinya, di mana siswa SD membawakan pertunjukkan pada perayaan Hari Anak di sekolah lainnya. Kegiatan serupa juga dilakukan oleh banyak sekolah di daerah tersebut, menciptakan kesempatan bagi anak-anak untuk menunjukkan kepercayaan diri mereka.

Perayaan Hari Anak memberikan pengalaman berharga bagi Clarissa, tidak hanya menyajikan kegembiraan bagi anak-anak, melainkan juga membuka pandangannya terhadap kekayaan budaya dan multikultural di sekitar tempat tugas KKN-nya. Acara ini bukan hanya sekedar rangkaian kegiatan sekolah, tetapi sebuah peristiwa meriah yang melibatkan seluruh komunitas. Tujuannya adalah memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi anak-anak, sambil juga menjadi bentuk apresiasi orang tua terhadap anak-anak mereka serta menciptakan kenangan indah yang tak terlupakan.

By Deni