Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto kembali memberikan kontribusi nyata melalui KKN Internasional periode Januari-Februari 2024. Sebanyak 16 mahasiswa UNSOED terlibat dalam program ini di berbagai wilayah Malaysia, dengan fokus pada anak-anak pekerja  migran  undocumented yang belum mendapatkan akses pendidikan formal.

Mengambil peran sebagai agen perubahan, mahasiswa UNSOED hadir di Sanggar Bimbingan (SB) yang merupakan sarana edukasi non formal bagi anak-anak pekerja migran di  Malaysia. Mahasiswa terlibat aktif di SB Sentul, SB Wira Damai, SB Segambut, SB Seri Muda, SB Intan Baiduri, dan SB Sungai Besi. Khusus SB Sungai Besi di Seri Kembangan, Selangor, Malaysia, menjadi tempat intensif bagi dua mahasiswa, Syahrul Saepuloh dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Bintang Yudha Raflialdi, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengabdikan diri  sebagai relawan pengajar selama 29 hari.

Kegiatan belajar mengajar di SB Sungai Besi dilaksanakan pada hari Senin hingga Jumat, dengan pembagian kelas menjadi TK, kelas 1-3, dan kelas 4-6. Hal yang diajarkan mencakup mata pelajaran pada umumnya, namun perhatian khusus diberikan pada pembelajaran membaca, menulis, menghitung. Dalam realitasnya masih banyak anak yang belum lancar membaca dan membutuhkan pendampingan yang seksama.

Selain materi akademis, mahasiswa UNSOED juga memberikan pengajaran tentang akhlak,  budi pekerti dan penanaman nilai-nilai kebangsaan.  Tantangan utama yang dihadapi mahasiswa adalah beradaptasi dengan kelas-kelas yang bervariasi dari segi tingkatannya dan memberikan pemahaman tentang Indonesia kepada siswa yang mayoritas  belum tahu Indonesia itu berada di mana, walaupun sejatinya mereka ingin sekali bisa menginjakkan kaki di tanah airnya.

Dengan penuh semangat, keduanya berupaya menerangi asa dan menorehkan jejak kebaikan di perjalanan pendidikan anak-anak tersebut. Melalui keterlibatan para mahasiswa ini, UNSOED menunjukkan komitmennya dalam menciptakan kesetaraan pendidikan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan anak-anak bangsa  di mana pun mereka berada.

By Deni