Lomba pendampingan proses produk halal diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Tujuan diadakannya lomba tersebut adalah untuk memberikan motivasi dan sarana apresiasi terhadap aktor lapangan pada proses sertifikasi halal skema self declare. Lomba ini diikuti oleh 36 LP3H (Lembaga Pendamping Proses Produk Halal) yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Adapun kategori lomba yang dilaksanakan adalah 1) pendamping inspiratif terbaik, 2) pendamping inovatif terbaik, dan 3) pendamping aktif terbaik. Adapun persyaratan P3H yang diusulkan adalah pendamping yang telah berhasil memproses pendaftaran sertifikasi halal minimal 250 sampai 31 Agustus 2023.  Halal Center UNSOED turut berpartisipasi dalam lomba tersebut dengan mengirimkan 2 orang P3H yaitu Abid Rosadi, M.Pd dan Widi Widayat, S.P.  

Ketua Halal Center UNSOED Prof. Poppy Arsil, S.TP., M.T., Ph.D menyampaikan bahwa kedua P3H tersebut memang layak untuk diusulkan mengikuti lomba karena kinerja yang dicapai sangat memuaskan. Keduanya dikenal sebagai P3H yang cukup gigih dan selalu semangat dalam mendampingi pelaku usaha untuk memperoleh sertifikat halal selalui jalur self declare.  Bapak Abid Rosadi merupakan Tenaga Pendamping Koperasi Penyaluran Dana Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK), Dinkopukm Purbalingga yang melakukan pendampingan utamanya di Kabupaten Purbalingga pada khususnya dan sebagian di daerah Bralingmascakep. Bapak Abid berusaha memberdayakan UMKM dan anggota Koperasi Binaan yang punya produk dan belum punya legalitas untuk segera membuat legalitas usaha supaya dapat mengakses pendaftaran sertifikat halal. Beliau berkolaborasi dengan pendamping kecamatan, Program Keluarga Harapan (PKH), dan pendamping desa yang memiliki binaan untuk bisa di selenggarakan penyuluhan sertifikat halal oleh pendamping halal. Tujuannya agar pendampingan bisa lebih maksimal karena para binaan sudah akrab dan terpercaya bagi pendamping. Bapak Abid diusulkan dalam kategori pendamping inovatif karena melihat track-recordnya dalam mendampingi pelaku usaha dan sering memberikan solusi kepada sesama pendamping.  Salah satu inovasi dan ide-ide kreatif lain yang dilakukan oleh Bapak Abid adalah membantu pelaku usaha dalan tampilan produk.

Widi Widayat diusulkan dalam kategori pendamping aktif dengan pertimbangan kerja keras yang sudah dilakukan selama mendampingi pelaku usaha di lapangan. Widi dikenal sebagai pendamping yang tak kenal menyerah saat melakukan proses pendampingan sertifikasi halal, walaupun lokasi pelaku usaha jauh dan akses jalannya susah namun tetap semangat untuk melakukan proses pendampingan terhadap pelaku usaha untuk memperoleh sertifikat halal. Baik Bapak Abid Rosadi dan Bapak Widi Widayat bergabung dengan Halal Center UNSOED pada tahun 2022. Dalam lomba pendampingan proses produk halal, Abid Rosadi berhasil memperoleh hadiah ponsel, sedangkan Widi Widayat memperoleh hadiah tabungan. Selamat kepada pendamping proses produk halal dari Halal Center UNSOED yang sudah menang dalam lomba tersebut.

By Undi