KKN PMM desa Wanatirta, Kita berawal dari LPPM, dikumpulkan dalam rangka membuat pakan fermentasi kemudian kita survei ke desa untuk melihat bagaimana potensi desa dan permasalahan desa. Kita juga meninjau bagaimana kondisi kandang yang akan kami gunakan untuk program peternakan. Kita berangkat meninjau desa, mendengarkan bagaimana lagi keresahan masyarakat terutama di bidang stunting, pemberian pakan ayam, serta sisi lingkungannya.

Kami memaparkan bagaimana program kerja kami dan ayam datang, kami mengukur ayam tersebut agar sesuai dengan apa yang diharapkan. Kami juga memperbaiki kandang supaya ayam dapat hidup lebih layak. Kami membersihkan kandang secara rutin agar kesehatan ayam juga terjaga.

Selalu memberi air minum, pakan, serta vitamin supaya pertumbuhan ayam terkontrol dan terjaga. Kami mengajarkan pula kepada masyarakat bagaimana cara membuat pakan fermentasi untuk ayam kampung dengan menggunakan lingba sayur, em4, molasses, dedek yang dicampur dan difermentasikan yang dapat mempertinggi produksi ayam guna memutus stunting di desa Wanatirta. Kami juga mensosialisasikan bagaimana masyarakat dapat mencegah stunting mulai dari diri sendiri dengan program makanan tambahan, konsumsi telur ayam, dan DPL juga berkunjung untuk melihat bagaimana progres kita dalam program KKN PMM ini.

Kami juga melakukan pelepasan bibit ikan lele karena lele merupakan cara yang mudah untuk memutus stunting yang nanti dapat dipancing oleh masyarakat. Pada akhirnya kami menyerahkan ayam untuk kepala desa yang nanti akan dibagikan kepada masyarakat. Alhamdulillah ayam-ayam pun sehat.

Dan telur juga kami kumpulkan dan kami cek bagaimana produktivitas ayam tersebut. Kami pun selesai dari program KKN ini dan meninggalkan desa Wanatirta dengan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

By Indra K