Purwokerto, Halal Center UNSOED yang bernaung di bawah LPPM mengadakan kegiatan kerjasama dengan PT. Surveyor Indonesia yaitu “Bimbingan Teknis Perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)”. Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari kamis hingga Jum’at pada tanggal 5 dan 6 September 2024 yang bertempat di Gedung IAB Lt.5. Kegiatan ini diikuti oleh Bagian pengadaan barang dan jasa di seluruh Satuan Kerja di UNSOED dan juga rekanan yang ada di lingkungan UNSOED. Tidak ketinggalan beberapa UMKM di Kab. Banyumas dan sekitarnya juga mengikuti kegiatan bimtek ini.

Bimtek ini sangat penting bagi Universitas Jenderal Soedirman sebab TKDN ini merupakan peraturan dari pemerintah yang mengikat. Seperti yang disampaikan oleh Ketua LPPM Unsoed  Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P.IPU.ASEAN Eng mengungkapkan TKDN itu penting dan diharapkan diterapkan didalam lingkungan satuan kerja UNSOED. “Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personal baik pada satker maupun rekanan di lingkungan UNSOED terkait TKDN,” harapnya.

Selanjutnya menurut Ketua Halal Center UNSOED Prof. Poppy Arsil, STP, MT, Phd menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari fasilitasi sertifikasi halal kantin di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman dan UMKM di Banyumas. Sebanyak 39 fasilitasi haal regular diberikan kepada pelaku usaha kantin, makanan dan minuman serta Rumah Potong Ayam.  “Kegiatan ini merupakan penguatan UMKM dan perluasan usaha dengan mendaftarkan produk mereka melalui aplikasi SIINas. Usaha yang sudah terdaftar maka dapat mengikuti sistem pengadaan barang dan jasa sebagai pemasok,”ungkap Prof. Poppy Arsil, STP, MT, Phd.

Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk sosialisasi peran pentingnya TKDN bagi user, dalam hal ini adalah Bagian Barang dan jasa di UNSOED dalam pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan di setiap satuan kerjanya dan bagaimana memilih rekanan yang akan menyediakan barang dan jasa berdasarkan TKDN yang ada pada setiap rekanan. Selain itu, bagi rekanan yang ada di lingkungan Unsoed materi yang diberikan adalah terkait bagaimana cara menghitung nilai TKDN yang dimiliki oleh usahanya dan tahapan yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi TKDN yang akan mempengaruhi penilaian user untuk dapat mengadakan barang dan jasa dari rekanan tersebut. Materi Bimtek ini diberikan oleh Ibu Silvia Febridonda dan Miftah Zanaria dari PT. Surveyor Indonesia.

#unsoed

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

#halalcenterunsoed

#LPPM Unsoed

Dokumentasi Foto:

 

By Indra K