Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed menyelenggarakan workshop dan gelar produk inovasi, Kamis (01/8/2024). Kegiatan yang bertempat di Ruang Kresna Hotel Java Heritage Purwokerto, mengambil tema “Kerja Sama Universitas Jenderal Soedirman dengan UMKM, DUDI dan Instansi Pemerintah”. Acara ini diketuai oleh Sekretaris LPPM Dr. Sri Wahyu Handayani, SH MH.

Ketua LPPM Unsoed Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P.,IPU.,ASEAN Eng., dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diselenggaraakan dalam rangka memamerkan karya inovasi dosen dan binaan dari LPPM Unsoed, dan untuk meningkatkan kolaborasi Unsoed dengan berbagai instansi, industri, UMKM, dan berbagai pihak agar produk-produk inovasi selalu update dan terhilirasasi serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

Jumlah peserta yang hadir pada kegiatan ini sejumlah 174 peserta. Ketua LPPM berharap kolaborasi yang terjalin akan membawa kemajuan.

“Kolaborasi yang efektif antara dunia akademis, industri, pemerintah daerah, sektor swasta, masyarakat akan mampu menghadapi tantangan jaman untuk mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan. Melalui acara ini dapat mempererat kolaborasi yang terjalin ,” kata Prof. Elly.

Kegiatan dibuka oleh rektor Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr.,IPU., ASEAN.Eng, sekaligus melaunching kepakaran. Rektor menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak. “Saat ini era disrupsi, dan kompetisi sungguh luar biasa yang dimunculkan bukan saling berkompetisi melainkan saling berkolaborasi,” jelas rektor.

Lebih lanjut rektor mengatakan, teknologi dan inovasi yang kita buat adalah inovasi yang betul-betul mudah diadopsi dan mampu menghasilkan rejeki.

Dalam kegiatan tersebut juga menghasilkan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Unsoed dengan para mitra. Adapun mitra tersebut yaitu BRI Research Institute, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Nusakambangan, PT Formula Top Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Daerah 9BRIDAO Provinsi Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Pengawasan, Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banyumas, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Purbalingga, Badan Perencana, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purbalingga dan Badan Halal Nahdatul Ulama.

Dari unsur Pemerintahan Kabupaten Banyumas hadir Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro.  Selanjutnya sebagai narasumber Muhammad Fachri (Direktur Produk Unggulan Desa Kemendes PDTT), Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si (Ka BRIDA Prov Jateng), Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P.,IPU.,ASEAN Eng. (Ketua LPPM).

Kemudian Prof.Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng., Ph.D (President Commissioner PT Nanotech Indonesia (Tbk)), Nilam Nirmala Anggraini (Technical Assistance Team Leader BRI Institute Jakarta), dan M. Aries Aviani N ( PT. Pegadaian Persero Tbk, Jakarta).

Kegiatan dilanjutkan pada hari selanjutnya, Jum’at (02/8/2024) berupa pendampingan penulisan proposal riset dan inovasi serta etik riset, yang akan diberikan pendampingan oleh BRIN. Pendampingan akan diikuti oleh 100 peserta.

#unsoed

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

Dokumentasi foto :

 

By Eko F