Purwokerto, 22 Maret 2024 – Halal Center Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman dan PT Surveyor Indonesia menjalin kerjasama proyek sertifikasi halal bagi kantin di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Program ini bertujuan untuk menjaga kehalalan produk pangan di lingkungan kampus. Kick off project ini merupakan rangkaian awal yang ditandai dengan penandatangan komitmen pelaku usaha kantin.

 

Acara yang diselenggarakan di LPPM Unsoed ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait baik termasuk perwakilan dari PT Surveyor Indonesia, pemangku kebijakan Universitas Jenderal Soedirman, pendamping proses produk halal, serta pelaku usaha kantin yang akan disertifikasi. Pembukaan acara dilakukan oleh Ketua LPPM Unsoed, Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP., IPU., ASEAN Eng., yang menyampaikan harapannya agar melalui sertifikasi halal ini, kebutuhan akan makanan yang halal dan berkualitas dapat terpenuhi dengan baik di lingkungan kampus.

Pada sambutan pembukaan acara, Yen Ardhien (Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Surveyor Indonesia), menyampaikan komitmen untuk mendukung Wajib Halal Oktober 2024 melalui dana corporate social responsibility (CSR) PT Surveyor Indonesia. Proses sertifikasi halal tersebut akan melibatkan sebanyak 22 kantin di lingkungan Unsoed, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehalalan produk makanan di masyarakat.

Acara penandatanganan komitmen tersebut dilanjutkan dengan pelatihan kesadaran dan prosedur sertifikasi halal jalur reguler dengan narasumber Ketua Halal Center Unsoed, Prof. Poppy Arsil S.TP., MT., Ph.D. Peserta antusias dalam menyimak dan berdiskusi mengenai prosedur sertifikasi halal dan kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi. Salah seorang peserta kegiatan mengaku optimis dalam mendapatkan sertifikat halal meski beberapa persyaratan seperti penelusuran kehalalan daging ayam dinilai agak rumit mengingat terbatasnya rumah potong ayam yang telah tersertifikasi halal di Purwokerto.

Proyek sertifikasi halal antara PT Surveyor Indonesia dan Halal Center LPPM Universitas Jenderal Soedirman diharapkan dapat menjadi contoh kolaborasi yang baik antara sektor

By Undi