Komitmen LPPM UNSOED dalam Paten dan Perlindungan Varietas Tanaman

Avatar Mr.X3X

[unsoed.ac.id, Sel, 23/10/12] Menyadari perannya semakin mendapat pengakuan dan jumlah penelitian berkualitas yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNSOED menyelenggarakan mediasi dan pelatihan pembuatan deskripsi paten dan perlindungan varietas tanaman. Acara yang digelar Senin (22/10),  dilaksanakan di Lantai II Gedung LPPM UNSOED dan dibuka oleh Ketua LPPM UNSOED Prof.Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, MP.,Ph.D.   “Universitas tanpa penelitian bukanlah Perguruan Tinggi dan karena di UNSOED kini sudah banyak hasil-hasil penelitian maka harus dilindungi”, tegas Prof. Totok.

Ketua Panitia, Prof. Dr. Ir. Sri Suhermiyati, MS  mengungkapkan bahwa dosen-dosen UNSOED telah menghasilkan banyak karya penelitian oleh karena itu perlu dilindungi Hak Kekayaan Intelektualnya baik dalam bentuk Hak Paten, Hak Merk, Maupun Hak Ciptanya.  “Untuk saat ini yang kami selenggarakan adalah mengenai Hak Paten dari penelitian-penelitian mereka”, demikian ungkap Prof. Emi.  “Kegiatan ini juga kami bagi menjadi dua, yang pertama adalah mediasi dan yang kedua adalah membuat usulan paten”, ungkap Prof. Emi, begitu biasa disapa.   Mediasi yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu melakukan persamaan persepsi dan diskusi dari penelitian yang sudah diajukan hak patennya akan tetapi belum turun sertifikatnya.  Sedangkan membuat usulan paten adalah pembuatan deskripsi paten dan perlindungan varietas tanaman.  Setelah kegiatan ini selesai Prof Emi berharap dapat turun sertifikat patennya dan setelah itu bisa ditindaklanjuti tahap selanjutnya yaitu komersialisasi.

Sebagai nara sumber mediasi dan pembuatan deskripsi paten adalah Ir. Syafrudin, M.Si dan dimoderatori oleh Prof.Dr.Ir. Suwarto, MS.  Acara dilanjutkan dengan pendampingan mediasi dan pendampingan pembuatan deskripsi paten dan perlindungan varietas tanaman.

 

Sumber : http://unsoed.ac.id