Pada Periode Juli-Agustus 2024, LPPM Unsoed melalui Pusbang KKN kembali menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Total peserta KKN adalah sejumlah 2.636 mahasiswa yang tergabung dalam sembilan jenis Program KKN. Salah satu dari sembilan Program KKN tersebut adalah KKN Nusa Persada.

KKN Nusa Persada merupakan program KKN yang diinisiasi oleh Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP. selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed dan dilaksanakan perdana pada periode Juli-Agustus 2024. KKN Nusa Persada Unsoed ditempatkan di berbagai lokasi di luar pulau Jawa. KKN Nusa Persada bertujuan untuk memperluas kebermanfaatan Universitas Jenderal Soedirman yang memiliki visi memajukan potensi wilayah perdesaan.

KKN Nusa Persada periode Juli-Agustus 2024 ini ditempatkan di Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemilihan lokasi KKN Nusa Persada ini diawali dengan MoU atau perjanjian kerjasama yang disepakati antara LPPM Unsoed dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Waktu pelaksanaan KKN Nusa Persada dimulai pada tanggal 17 Juli dan berakhir pada 20 Agustus 2024. Program KKN pioneer ini diikuti oleh 12 mahasiswa yaitu: Dewi Ratih Errika Marhaeni (Agroteknologi 2022), Gracella Setia Prandri (Keperawatan 2021), Anggeline Irene Christmas (Biologi 2021) Ega Adinda Esa Putri (Hukum 2021), Nada Grace Naibaho (Kimia 2021), Fanny Zahra (Agrobisnis 2021), Beverly Harrin Puania (Agrobisnis 2021), Dhani Indrawan (Peternakan 2021), Tatiana Dyah Aninda (Ilmu Politik 2021), Sharon Serafim Stevanvirta (Hubungan Internasional 2021), Fauzi Faisal Akbar (Administrasi Publik 2021), Salma Kinanti Buldhani (Hubungan Internasional 2021). Sebagai pendamping ditugaskan dua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Pahrul Fauzi, SE., M.Si. dan M. Bachtiar Mustafa, SP., M.P.

Sebagai Koordinator Mahasiswa Desa (Kormades), Dhani Indrawan menyampaikan bahwa KKN Nusa Persada di Desa Golo Mori ini akan memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta. “Mudah-mudahan mampu memberikan sumbangsih pemikiran bagi berbagai upaya pembangunan masyarakat,” ungkap Dhani Indrawan. Program KKN ini juga disambut baik oleh Bapak Samaila sebagai Kepala Desa Golo Mori. “Kami menyambut baik Unsoed menjadi perguruan tinggi pertama yang pernah menyelenggarakan KKN di Desa Golo Mori,” ujar Kepala Desa Golo Mori. (Pahrul Fauzi)

#unsoed

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia

#KKNNusaPersada

 

By Indra K