Pelepasan KKN Unsoed Semester Gasal 2011

Avatar Mr.X3X

Senin, 18 Juli 2011, sejumlah 1.182 mahasiswa KKN dilepas oleh Rektor Unsoed, Prof. Drs. Edy Yuwono, Ph.D di Gedung Soemardjito pukul 10.30 WIB.  Para Mahasiswa KKN tersebar di 7 kabupaten, 17 kecamatan, dan 155 desa.  Tiap-tiap desa akan diisi tujuh sampai delapan mahasiswa KKN, mereka akan memulai Kuliah Kerja Nyata-nya mulai tanggal 19 Juli 2011 s/d 22 Agustus 2011.

KKN Unsoed kali ini terdiri atas  tujuh KKN Tematik yaitu KKN Tematik Pos-Daya, KKN Mitigasi Bencana (Khusus di Batur Banjarnegara), KKN Mix Farming (didanai oleh Kemendiknas), KKN Jamur Tiram, KKN Kerukunan Beragama, KKN Pariwisata, dan KKN Tematik Gula Merah.  Bertambahnya jumlah KKN Tematik Unsoed pada tahun ini dipengaruhi oleh penelitian yang dilakukan dosen Unsoed.

Pada kesempatan ini, sebelum dilepas oleh Rektor Unsoed, para mahasiswa KKN mendapat pembekalan umum dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Pada saat memberikan sambutan melepas mahasiswa KKN, Rektor Unsoed Prof. Drs. Edy Yuwono, Ph.D menyampaikan bahwa KKN berasal dari kata Kuliah-berarti harus ada dinamika transfer pengetahuan dan juga sharing pengalaman, Kerja-berarti ada dinamika psikomotorik yang harus memiliki etos terhadap upaya mewujudkan tujuan KKN, dan Nyata-berarti hasilnya nyata tidak sekedar dilihat dan didengar tetapi harus dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat. “Saya meminta kepada seluruh peserta KKN untuk dapat focus pada tujuan program yang telah dibuat” demikian lanjut Rektor Unsoed.

Berkaitan dengan masa KKN yang bersamaan dengan bulan Ramadhan, Rektor mengingatkan agar para mahasiswa dapat menempatkan diri, menjaga diri, jaga karakter, kepribadian, sopan santun, serta nilai-nilai religi dan menempatkan diri pada suasana Ramadhan dengan baik.

Pelepasan dilaksanakan dengan pemakaian atribut secara simbolis oleh Rektor kepada perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan perwakilan mahasiswa KKN.  DPL pada kesempatan ini diwakili oleh Dra. Farida Nur Rachmawati, M.Si (Dosen Fakultas Biologi) dan Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si (Dosen Jurusan Komunikasi Fakultas ISIP).

Sebelum dilepas oleh Rektor Unsoed, para Mahasiswa peserta KKN telah mengikuti pembekalan selama empat hari yaitu dua hari pembekalan materi proses dan dua hari pembekalan materi isi.  Para Mahasiswa peserta KKN juga telah melewati ujian tertulis pada tanggal 16 Juli 2011.

Selamat berkarya putra-putri Jenderal Soedirman.  Maju Terus Pantang menyerah!