Pendampingan Tenaga Ahli Pembuatan Kultur Untuk Pembuatan Tepung Mocaf

Pendampingan Tenaga Ahli Pembuatan Kultur Untuk Pembuatan Tepung Mocaf

 

Salah satu fungsi dari LPPM Unsoed adalah menjalin kerjasama dan memberi pendampingan tenaga ahli (TA) sesuai permintaan baik dari instansi pemerintah, sekolah/universitas, UKM dan personal.

Hal ini ditujukan untuk menjembatani dunia akademik dan riset dengan kebutuhan instansi dan masyarakat menuju Indonesia yang lebih maju.

Kegiatan pendampingan TA ini dirasakan manfaat seraca langsung oleh pengguna karena disusun sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

Salah satu kegiatan pendampingan TA melalui Pusat Penelitian Pangan, Gizi dan Kesehatan –salah satu pusat penelitian di LPPM Unsoed- adalah pembuatan bioenzim pada proses pembuatan mocaf di Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus, Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Kab. Cilacap.

Ponpes ini memiliki berbagai unit usaha salah satunya mocaf. Selama ini pembuatan mocaf menggunakan starter yang dibeli kepada pihak lain.

Ponpes ingin lebih mandiri dengan mengembangkan starter sendiri untuk produksi mocaf yang bisa mencapai 2 ton ubi kayu sekali produksi.

Melalui pendampingan oleh Dr. Isti handayani, S.TP, M.P. –pakar mikrobiologi  pangan dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Unsoed, teknologi dan pengetahuan mengenai dasar pembuatan starter,pengembangbiakan dan pemeliharaan  bio kultur ditransfer dari pakar ke Ponpes Rubat pada tanggal 3 Mei 2019.

Pendampingan TA ini dikawal oleh Koordinator Pangan, Gizi dan Kesehatan, LPPM Unsoed, Poppy Arsil, S.TP, MT, PhD. Antusiasme peserta cukup tinggi karena permintaan pendampingan ini sesuai dengan kebutuhan mereka dalam mengembangkan usaha mocaf.