Pusat Koordinasi Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNSOED yang dimotori oleh Prof DrNuniek Ina Ratnaningtyas,M.S pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 melaksanakan kegiatan Pendampingan dan Sosialisasi Menggali Potensi Desa Melalui BUMDES.  Kegiatan ini dihadiri oleh 57 orang yang terdiri dari kepala Desa dan Direktur BUMDES yang berasal dari 25 desa dari 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga dan Cilacap.  Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Kecamatan Paguyangan Kab. Brebes yaitu Drs. Husni Pramono, AP, MSi dan Fatina Ardi,ST yang merupakan TA P3MD Kab. Brebes.  Desa yang diikutkan dalam pelatihan ini adalah desa yang merupakan desa binaan UNSOED yaitu  desa yang mendapatkan SKIM Desa Binaan dan Desa Smart Village

Kegiatan ini dilakukan dengan mengundang nara sumber Dr Rudi Suryanto, SE., M. Acc. Ph D., AK.,CA yang menjabat sebagai Sekjend Forum BUMDES Indonesia. Narasumber juga merupakan penulis buku Peta Jalan BUMDES, Sekjend Forum BUMDES Indonesia, penemu metode Cek Kesehatan Usaha BUMDES, kurikulum Kejar UMKM dan pencetus Sekolah BUMDES sehingga sangat berkompeten dalam memberikan pelatihan.

Prof DrNuniek Ina Ratnaningtyas , M.S dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan pendampingan dan sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman pelaku BUMDES dalam melakukan penggalian potensi desa menuju desa cerdas mandiri sesuai dengan Visi Misi LPPM UNSOED. Dengan kegiatan ini UNSOED melalui Puskor PKM LPPM dapat berperan serta dalam membina masyarakat desa agar dapat memahami pentingnya BUMDES dan peran BUMDES dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P., IPU selaku ketua LPPM UNSOED dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan visi LPPM UNSOED “ menjadi acuan pengembangan desa mandiri sejahtera”. Kegiatan ini hanyalah pemantik untuk menuju Desa mandiri, oleh karena itu perlu action yang nyata dan produktif dari semua pihak.  BUMDES merupakan garda terdepan dalam mendukung dan mewujudkan program pemerintah terutama untuk meningkatkan perekonomian di wilayah desa guna meminimalisasi urbanisasi dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.  UNSOED akan membantu mewujudkannya melalui berbagai kegiatan penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Dr Rudi Suryanto, SE., M. Acc. Ph D., AK.,CA menjelaskan tentang tingkat kematangan BUMDES, tahapan pengembangan BUMDES, problematika BUMDES, standarisasi BUMDES, PENTALOGI – Tantangan dan Strategi BUMDES, kerangka konseptual pendampingan revitalisasi BUMDES, masalah tata kelola di BUMDES, Model Ekosistem Bisnis BUMDES, bagaimana memetakan potensi dan menemukan peluang serta bagaimana menyusun Rencana Bisnis BUMDES.  Kegiatan yang dipandu oleh  moderator Prof. Dr. Sri Lestari,S.E.,M.Si ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari para peserta ditunjukkan dengan keaktifan berdiskusi dari para peserta sepanjang kegiatan mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB. Maju terus pantang mundur.

By Undi