Sejumlah 390 Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mulai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 3 lokasi Kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes yakni Bumiayu, Bantarkawung dan Paguyangan. Penerimaan Mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman  Purwokerto dilaksanakan di Kecamatan Bumiayu dengan sambutan Oleh Camat Bumiayu Cecep Aji Suganda AP MSi di dampingi oleh Perwakilan Pemkab Brebes, Camat Paguyangan dan Camat Bantar Kawung pada Rabu, 10 Juli 2024 menerima di Aula Gedung Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Sementara untuk pendampingan perwakilan dari Unsoed Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si. Dekan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan dan Koordinator KKN Unsoed Muhammad Bachtiar Mustafa, SP, MP.

Sambutan awal dari Camat Bumiayu memberikan pengarahan kehadiran mahasiswa KKN Unsoed di Bumiayu Brebes. “Saya harapkan kepada mahasiswa KKN nanti dapat bersosialisasi baik dengan masyarakat sekitar,“ harap Cecep Aji Suganda. Harapan yang sama juga disampaikan kepada mahasiswa KKN di Kecamatan Bantarkawung dan Paguyangan.

Pesan juga disampaikan kepada mahasiswa KKN Unsoed di Kabupaten Brebes agar berkomunikasi selalu dengan Kepala Desa terkait program yang dijalankan. “ Semoga mahasiswa KKN nanti dapat berbaur dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan dengan berkomunikasi dengan Kepala Desa bersangkutan,”ungkap Camat Bumiayu.

Perwakilan dari Unsoed Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si. Dekan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan dalam sambutannya mengungkapkan untuk tema KKN saat ini yaitu “Pendampingan UMKM dan BumDes untuk Menggerakan Ekonomi Masyarakat”. “Tujuan KKN dengan tema tersebut ini agar dapat menggerakkan ekonomi masyarakat, menekan angka kemiskinan, dan menuntaskan stunting di wilayah KKN,” tegas Dr. Endang Hilmi.

Untuk lokasi KKN di Brebes berada di 15 desa di Kecamatan Bumiayu, 18 desa di Kecamatan Bantarkawung dan 1 desa di Kecamatan Paguyangan. Mahasiswa dibimbing oleh 34 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dr. Endang Hilmi mengatakan wakktu pelaksanaan KKN di Brebes yaitu selama 35 hari mulai 10 Juli s.d 13 Agustus 2024. Diterangkan juga unuk jenis KKN di Kabupaten Brebes KKN Tematik pemberdayaan masyarakat dengan program KKN Unsoed meliputi bidang ekonomi, pemberdayaan lingkungan, kesehatan, pendidikan dan pemerintahan desa. Satu lokasi KKN berada di Desa Wanatirta yang merupakan KKN Pemeberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang bertemakan “Inovasi Peningkatan Produktivitas Ayam Lokal Melalui Pakan Berbasis Limbah Sayuran unyuk Meminimalisir Stunting dan Pencemaran Lingkungan di desa Wanatirta Brebes,”.

Selanjutnya perwakilan dari Pemkab Brebes mendukung penuh kehadiran para mahasiswa KKN Unsoed. Ia mendorong para mahasiswa untuk bisa mengimplementasikan ilmunya di masyarakat. “Kami harapkan mahasiswa KKN bisa bekerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam melaksanakan KKN kali ini sehingga memberikan hasil yang optimal dalam segala hal,” tuturnya. (dra)

 

Dokumentasi Foto:

By Eko F