LPPM UNSOED inisiasi kerjasama dengan universitas di Vietnam untuk pelaksanaan KKN Internasional

Salah satu staf Puskor Kolaborasi LPPM Unsoed, yaitu Condro Wibowo,  telah mengadakan kunjungan ke dua universitas di Ho Chi Minh City, yaitu Open University (OU) serta University of Social Science and Humanity (USSH). Selain itu, juga dilakukan kunjungan ke KJRI di Ho Chi Minh City. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk menjalin kerjasama untuk pelaksanaan kegiatan KKN Internasional bagi mahasiwa Unsoed.

Kunjungan ke KJRI di Ho Chi Minh City dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024 untuk berdiskusi bersama dengan Konjen RI, Bapak Agustaviano Sofyan, Konsul Pendidikan, Sosial dan Budaya, Ibu Eva Simatupang serta staff yang lainnya. Hasil dari pertemuan tersebut adalah kesediaan pihak KJRI untuk membantu proses inisiasi dan pelaksanaan kegiatan KKN Internasional yang akan dilaksanakan oleh LPPM Unsoed.

Pada saat kunjungan Condro Wibowo di OU pada tanggal 27 Mei 2024 diterima oleh Direktur International Office, Dr. Le Thai Thuong Quan dan juga PIC untuk kerjasama internasional, Hằng Nguyễn Thị Thu, MSc. Diskusi berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa kesepakatan terkait rencana kerjasama tersebut.

Sedangkan pada tanggal 29 Mei 2024, Condro Wibowo berkunjung ke USSH dan diterima oleh Dekan Faculty of Oriental Study (Dr. Nguyen Than Tuan), PIC Kerjasama Internasional (Nguyen Thi Phuong Linh MSc) serta dosen di Jurusan Indonesian Studies. (Ho Ngoc Hieu MSc).  Di USSH terdapat jurusan Indonesian Studies yang mempelajari tentang bahasa dan budaya Indonesia sehingga para dosen dan mahasiswa pada jurusan tersebut dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan bahkan mereka sering pentas dengan membawakan tarian Indonesia. Jurusan tersebut secara resmi dibentuk pada Januari 2016.

Kedua universitas tersebut menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh LPPM Unsoed, karena hal tersebut akan memperlebar kerjasama mereka pada kegiatan-kegiatan serupa yang sudah dilakukan dengan berbagai universitas dari Malaysia, Kamboja dan Laos.

Tindak lanjut dari kegiatan tersebut adalah akan diadakan pertemuan secara daring untuk mempersiapkan secara teknis Progaram KKN Internasional Unsoed sehingga diharapakan dapat untuk dimulai pada tahun 2025.

By Deni