Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Dukung Implementasi Wajib Halal 2024 untuk Mendukung DESA WISATA RAMAH MUSLIM
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menginisiasi implementasi dan akselerasi sertifikasi halal pelaku usaha produk makanan dan minuman di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di 3.000 desa wisata. Peluncuran program ini ditandai dengan gerakan serempak kick-off sosialisasi WHO-2024 di 3.000 Desa Wisata pada tanggal 4 Mei 2024.
Selain melibatkan Kemnparekaf dan BPJPH, kegiatan ini juga melibatkan stakeholder terkait seperti Halal Center, dan perangkat desa wisata. Halal Center UNSOED sebagai salah satu sentra halal di Universitas Jenderal Soedirman ikut berpatisipasi dalam gerakan kick-off sosialisasi WHO-2024 di desa Karang Kemiri, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Selain di Kecamatn Pekuncen, Halal Center juga mendukung kick-off desa wisata di Kab. Purbalingga, Kab. Wonosobo, Kab. Kebumen, Kab. Semarang dan Kab. Asahan-Sumatra Utara. Sosialisai ini melibatkan empat Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dari Halal Center UNSOED, satgas Kabupaten Banyumas, perangkat desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pelaku usaha di desa tersebut. Pada acara sosialisasi sebanyak 13 pelaku usaha melakukan pendaftaran sertifikasi halal. Ketua Halal Center UNSOED, Prof. Poppy Arsil, memastikan bahwa sinergi akselerasi sertifikasi halal dalam mendukung Wajib Halal Oktober 2024. Sertifikasi halal baik bagi konsumer dan pelaku usaha merupakan jaminan kehalalan produk sekaligus menjadi penguat aspek legal untuk penguatan pemasaran bagi pelaku usaha.
Adapun kegiatan meliputi: 1) Sosialisasi dan edukasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha 2) Layanan konsultasi dan pendaftaran sertifikasi halal, 3) Pendampingan ke tempat produksi pelaku usaha. Kegiatan ini sekaligus menjadi penguat kolaborasi antar stakeholder halal terkait.
Halal Center UNSOED bersekretariat di Gedung LPPM Unsoed.
LPPM Unsoed : merdeka, maju mendunia

By Deni